Kenali 5 Penyebab Buah Hati Suka Ngemut Makanan


Memiliki anak yang sedang tumbuh kembang menjadi momen paling berharga bagi seluruh orangtua. Apalagi anak-anak bisa tumbuh dan berkembang secara sempurna baik fisik, psikologis dan emosional. Namun, banyak orangtua yang mengeluhkan anak susah makan atau menjadi seorang picky eater. Selain itu, kebiasaan anak yang suka ngemut makanan membuat para ibu menjadi jengkel. Kira-kira apa yang menyebabkan masalah tersebut?


Penyebab anak suka mengemut makanan

Berikut ada rangkuman penyebab si kecil menjadi suka mengemut makanan yang wajib ibu ketahui:

1.                  Tidak memiliki kebiasaan makan

Jika ibu tidak menerapkan cara makan yang baik, kemungkinan anak suka mengemut makanan terlalu lama. Setiap anak memiliki perilaku makan yang berbeda karena kebiasaan yang diterapkan orangtua. Sebaiknya Anda memastikan si kecil makan di meja makan atau kursi tinggi. Jangan biarkan dia makan sembari berbicara, menonton televisi atau bermain gawai.

2.                  Alergi pada jenis makanan tertentu

Bisa saja penyebab si kecil tidak segera menelan makanan adalah ia alergi pada jenis makanan tertentu. Tubuh akan bereaksi sehingga sinyal kekebalan tubuh anak akan melepas histamin. Dengarkan keluhan anak terhadap jenis makanan tertentu yang mungkin membuat mulut dan mata terasa gatal, ruam dan lain-lain.

3.                  Menjadi pemilih makanan

Penyebab anak suka ngemut makanan karena ia telah menjadi seorang picky eater atau pemilih makanan. Ketidaksukaan pada jenis makanan tertentu bisa menyebabkan anak tidak suka makan. Ia terlalu lama mengunyah atau mengemut makanan sebab didorong rasa tidak suka. Bisa juga ia hanya memilih jenis-jenis makanan yang disukai saja, ya!

Para ibu terkadang frustasi mencoba menu makanan lain untuk mendukung pertumbuhan anak. Jangan pantang menyerah sebab Anda bisa mencoba konsultasi dengan ahli gizi terkait pemilihan menu seimbang. Lakukan inovasi dalam bentuk makanan atau camilan agar si kecil suka jenis makanan yang mengandung nutrisi tinggi.

4.                  Konstipasi
Alasan anak tidak segera makan adalah ia mengalami kondisi konstipasi. Anak yang suka memilih makanan tertentu seperti ayam goreng terus menerus dan enggan makan buah atau sayuran, cenderung alami masalah konstipasi. Apalagi anak-anak tidak mencukupi kebutuhan serat harian, konstipasi bisa memicu masalah besar seperti trauma saat BAB.

Sebagai orangtua yang baik, Anda harus memantau kebutuhan serat harian anak dengan memberikan air minum yang cukup. Berikan jus buah untuk memenuhi kebutuhan serat sehingga anak bisa lancar buang air besar.

5.                  Tidak menciptakan kondisi makan yang menarik

Atensi si kecil bisa menjadi alasan utama kenapa ia susah makan atau suka mengemut makanan terlalu lama. Anda wajib menciptakan kondisi makan di rumah yang menarik antusiasme sang buah hati. Misalnya Anda mengajak anak makan di meja bersama dengan anggota keluarga yang lain. Peran anggota keluarga yang mendukung dan memberikan contoh cara makan yang benar akan memberikan semangat untuknya.

Anda bisa juga melakukan sebuah permainan yang menarik atau memberikan timer makan bersama. Berikan estimasi waktu 20-30 menit untuk makan si kecil dengan pengatur waktu ini. Saat timer berbunyi, si kecil harus menyelesaikan acara makan. Jika berhasil, berikan pujian atau reward atas pencapaian pertama tersebut.

Beberapa alasan yang menyebabkan si kecil susah makan atau sering mengemut makanan terlalu lama wajib Anda ketahui. Jika pertumbuhan dan perkembangan anak terganggu akibat kebiasaan buruk ini, segera konsultasikan dengan ahli kesehatan terkait. Ngemut makanan terlalu lama bisa meningkatkan risiko anak tersedak atau masalah kesehatan yang perlu penanganan khusus. Yuk, segera atasi masalah anak yang susah  atau mengemut makanan!

Kenali 5 Penyebab Buah Hati Suka Ngemut Makanan Kenali 5 Penyebab Buah Hati Suka Ngemut Makanan Reviewed by Admin on 02.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.