Perut Bayi kembung: Jangan Panik Dan Tetap Tenang


Sebagai orang tua tentu tidak ingin jika anaknya sakit terutama jika masih bayi. Karena bayi belum dapat mengatakan apa yang dikeluhkan. Hal tersebut sering sekali membuat para orang tua khawatir terutama pasangan yang baru mempunyai anak tentu tidak jarang merasa panik ketika bayi terus menangis.

Perut bayi kembung sering sekali membuat para ibu bingung karena bayi terus menangis dan rewel. Namun ketika perut bayi Anda kembung jangan panik, karena jika Anda panik maka dapat membuat Anda tidak fokus serta tidak dapat mengambil langkah yang tepat untuk melindungi bayi Anda.



Penyebab bayi kembung cukup banyak. Oleh sebab itu penting untuk Anda selalu menghindari apa saja yang menyebabkan bayi Anda kembung dan mengetahui dengan lengkap apa yang harus Anda lakukan ketika bayi Anda sedang kembung. Dengan demikian masalah kembung pada bayi Anda terselesaikan dengan baik.

Perhatikan Penyebab Bayi Kembung

Setiap orang tua selalu mengharapkan bayinya tetap dalam kondisi sehat. Namun perut kembung sering sekali menyerang bayi, dimana hal tersebut disebabkan karena proses pencernaan bayi yang belum sempurna dan masih dalam proses penyesuaian. Ada beberapa penyebab yang biasanya sering membuat bayi kembung diantaranya adalah sebagai berikut:

·         Posisi menyusui

Posisi menyusui merupakan bagian terpenting yang sering sekali membuat bayi kembung. pastikan jika Anda sedang menyusui maka posisi antara puting dan mulut bayi sudah benar. Pastikan bayi tidak menelan terlalu banyak udara. Karena apabila bayi terlalu banyak menelan udara maka resiko bayi kembung sangat besar.

·         Bentuk dot

Salah satu perlengkapan yang sering sekali membuat bayi kembung adalah bentuk dot yang tidak sesuai. Oleh sebab itu bagi para ibu wajib memperhatikan dot yang dibeli. Jangan sampai karena ketidaktahuan dan juga kecerobohan Anda membuat perut bayi Anda kembung.

Ketika membeli dot bayi pilihlah dot bayi yang pas dengan mulut bayi Anda. Karena hal tersebut dapat mengurangi udara yang masuk melalui mulut bayi Anda dimana udara tersebut berpotensi membuat bayi Anda kembung.

·         Kelebihan laktosa

 Ketika bayi baru lahir maka hal pertama selain melakukan bounding adalah memberikan foremilk. Foremilk merupakan asi pertama yang dihisap oleh bayi sekaligus sentuhan pertama untuk merangsang bayi agar dapat menyusu. Dalam foremilk banyak mengandung protein, karbohidrat, vitamin dan laktosa dan sedikit lemak.

Laktosa sangat berguna untuk membantu dalam perkembangan otak bayi. Namun karena kandungan lemak yang tidak sebanding dengan laktosa sering membuat bayi Anda kembung. karena ketidakseimbangan tersebut dapat membuat penumpukan gas pada perut bayi.

·         Minum selain air susu ibu

Makanan dan minuman utama bayi merupakan air susu ibu, namun untuk balita yang sudah masa MPASI perlu mendapat makanan dan juga minuman tambahan. Makanan dan minuman baru tersebut dapat menjadi gas pada perut bayi mengingat pencernaan pada bayi belum sempurna atau masih mengalami proses penyesuaian.

Ketika bayi Anda berada pada awal masa MPASI maka perlu untuk selalu waspada akibat banyaknya gas yang berkumpul di dalam perut yang sering sekali membuat bayi Anda mudah kembung. oleh sebab itu selalu sediakan minyak untuk selalu membantu menghangatkan perut bayi Anda dan meringankan kembung yang dirasakan bayi Anda.

Selain kembung biasanya buah-buahan dan juga sayuran yang Anda berikan sering sekali membuat bayi Anda diare. Sehingga makanan baik sayur maupun buah yang diberikan kepada bayi Anda harus sesuai dengan usia bayi. Agar Anda lebih paham tentang apa saja makanan yang cocok untuk bayi lebih baik konsultasikan kepada bidan, dokter maupun buku panduan makanan untuk bayi yang banyak tersedia di toko buku. Sebagai ibu harus selalu sigap dan waspada serta selalu memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh bayi Anda.

Perut Bayi kembung: Jangan Panik Dan Tetap Tenang Perut Bayi kembung: Jangan Panik Dan Tetap Tenang Reviewed by Admin on 04.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.