Mengulas Penyebab dan Cara Menyembuhkan Sariawan


Sariawan merupakan penyakit yang menyebabkan luka kecil maupun dangkal dan terasa sakit di jaringan mulut bagian dalam mulut. Sariawan terdiri atas sariawan biasa dan herpes mulut. Gejala sariawan biasa berupa bentuk luka maupun oval, bagian tengahnya berwarna putih, kuningan dan tepiannya berwarna merah dan muncul kapan saja dalam pipi dan bibir dibagian gusi serta langit-langit yang memberikan sensasi panas dan kesemutan dalam 2 hari. Untuk gejala herpes mulut dengan lepuhan yang berisi cairan dan pecah jika digaruk, memberikan rasa gatal dan nyeri yang menyebabkan penderitanya malas berbicara hingga makan sehingga dibutuhkan cara menyembuhkan sariawan.


Berikut adalah penyebab sariawan diantaranya:

  • Stres yang memunculkan rasa cemas dan menyerang fisik manusia dan membuat munculnya sariawan karena tidak mampu mencegah terjadinya stress.
  • Anemia karena kurangnya zat besi dalam tubuh sehingga menyebabkan terjadinya luka pada tenggorokan kering dan mulut.
  • Adanya ketidakseimbangan hormon penyebab sariawan terutama pada perempuan sebelum dan ketika sedang mengalami menstruasi.
  • Herpes simpleks merupakan virus yang menular ke orang lain jika makan dalam piring yang sama dan menggunakan pelembab bibir yang sama saat dan melakukan ciuman.
  • Tidak memiliki kesehatan gigi yang baik sehingga perlu membersihkan gigi karena kesehatan gigi yang tidak akan baik membuat mulut terserang sariawan.
  • Tubuh kurang nutrisi terutama vitamin B12, C serta zat besi yang membuat timbulnya sariawan.
  • Alergi terhadap makanan tertentu terutama makanan pedas.
  • Mengalami masalah pencernaan terutama asam lambung.

Untuk mencegah penyakit ini maka sebaiknya memperhatikan makanan yang dimakan mulai menghindari makanan yang membuat iritasi mulut. Makanan ini seperti bumbu makanan asin, buah asam, keripik maupun kacang yang membuat mulut lebih sensitif. Pilih makanan yang tepat dan perbanyak makanan sayuran dan gandum untuk mencegah terjadi kekurangan gizi dalam tubuh. Jaga kesehatan mulut dengan menggunakan benang gigi dan menyikat gigi setelah makan sehingga akan menjaga mulut dari berbagai sisa makanan dan lindungi mulut dengan kawat dan mulai kurangi tingkat stress.

Untuk menghilangkan sariawan menggunakan obat medis dengan obat pereda nyeri yang memiliki kandungan paracetamol atau ibuprofen. Obat ini akan mengurangi rasa sakit dan sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menggunakan obat tersebut sesuai dengan dosis. Obat kortikosteroid untuk melawan peradangan dan membantu peredaan nyeri dan biasanya digunakan dalam bentuk obat minum, obat kumur maupun salep dalam mulut. Dapat juga menggunakan obat antibiotik untuk melawan infeksi virus dan tidak boleh sembarang karena akan memberikan efek negatif pada tubuh.

Berikut adalah cara mengatasi sariawan dengan alami:

  • Madu dengan mengoleskannya di bagian sariawan dan berperan menjadi antibakteri dan antiradang serta membantu mengurangi rasa perih.
  • Air garam dengan cara berkurang selama 2 menit tanpa obat, garam membantu penyembuhan dan mencegah terjadi infeksi dalam mulut dengan menambah satu setengah sendok garam dalam air hangat satu gelas.
  • Kelapa membantu penyejukan tubuh dan menambahkan madu maupun susu lalu oleskan pada sariawan sehingga membantu sariawan dalam waktu 3 hingga 4 sehari.

Cara menyembuhkan sariawan dapat menggunakan kantong teh bekas untuk memberikan kenetralan dalam mulut. Daun teh membantu infeksi pada peradangan dan membantu gusi yang lebih sehat selama lima menit di area sariawan. Lidah buaya yang dicuci terlebih dahulu lalu dioleskan getahnya pada sariawan dan biarkan dalam beberapa jam lalu menggunakannya selama 3 kali dan berperan dalam pereda nyeri dan antiradang.


Mengulas Penyebab dan Cara Menyembuhkan Sariawan Mengulas Penyebab dan Cara Menyembuhkan Sariawan Reviewed by Admin on 22.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.