Manfaat DHA Selain Untuk Kecerdasan Otak Anak

Asupan DHA yang memadai sangat penting untuk mendukung fungsi otak bayi dan kesehatan ibu hamil. Umumnya DHA banyak ditemukan dalam materi otak dan jaringan retina mata. Namun DHA ini tidak dapat disintesis oleh tubuh, melainkan dari makanan yang Anda konsumsi. DHA dan perkembangan otak janin sangat penting selama kehamilan, namun banyak juga fungsi lainnya.



5 Manfaat DHA Terbaik Dalam Menunjang Kehamilan

1.   Mendukung perkembangan mata bayi

Selain perkembangan otak, DHA juga mengambil peran penting dalam meningkatkan fungsi mata pada bayi. Banyak studi pada bayi prematur dan cukup bulan, menunjukkan jika asupan DHA yang memadai (yang berasal dari ASI atau formula DHA) dapat meningkatkan perkembangan fungsi visual mata lebih cepat dan lebih baik. Untuk itulah DHA banyak disebut sebagai vitamin mata yang penting.

2.   Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Leukocyte Biology, menyebutkan jika asam lemak omega-3 dapat meningkatkan aktivitas sel B (sejenis leukosit) dan berpotensi untuk meningkatkan kekebalan usus. Menentang anggapan bahwa minyak ikan dapat memiliki efek tertentu pada sistem imun. Sementara itu, DHA juga terbukti dapat mengurangi peradangan dan komplikasi kehamilan.

3.   Menurunkan risiko kelahiran prematur

Memiliki bayi prematur (lahir sebelum minggu ke-37) bukan hanya berdampak pada kurangnya berat badan bayi. Namun banyak komplikasi yang lebih serius, seperti: masalah jantung, penglihatan, dan sistem kekebalan bayi. Sementara itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa asupan omega-3 DHA setiap hari selama kehamilan dapat menurunkan risiko kelahiran prematur hingga angka 11 persen.

4.   Menurunkan gejala asma

Asma merupakan penyakit yang ditandai dengan napas berat, batuk, hingga mengi. Umumnya asma bisa dipicu oleh alergen atau pekerjaan tertentu. Banyak studi menyebutkan bahwa ibu hamil yang mengkonsumsi ikan segar berminyak atau suplemen ikan selama trimester terakhir, maka cenderung memiliki anak dengan risiko asma lebih sedikit. Untuk info lebih lanjut bisa dilihat di situs Gue Sehat.

5.   Mengobati depresi pasca melahirkan

Sebuah studi menemukan korelasi antara depresi dan kurangnya asupan lemak DHA. Dalam studi tersebut, pasien yang meningkatkan konsumsi ikan selama 5 tahun cenderung mengalami penurunan tingkat depresi. DHA diketahui dapat meningkatkan produksi hormon yang mengatur suasana hati. Dengan demikian ibu hamil yang mengkonsumsi cukup DHA juga terhindar dari depresi postpartum.
Manfaat DHA Selain Untuk Kecerdasan Otak Anak Manfaat DHA Selain Untuk Kecerdasan Otak Anak Reviewed by Admin on 03.53 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.