Apa Itu Foot And Mouth Disease

Batuk, pilek dan demam bisa dibilang gejala penyakit yang paling sering diderita anak-anak. Maklum tingkat daya tahan tubuh mereka masih rendah. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh virus ini bisa sembuh dengan sendirinya. Artinya saat gejala penyakit masih ringan, penggunaan obat-obatan belumlah diperlukan. Hanya dengan mengonsumsi makanan dan minuman hangat serta istirahat yang cukup virus flu akan pergi dengan sendirinya dalam beberapa hari.



Tetapi ternyata virus flu termasuk dalam jenis virus yang memiliki kemampuan mutasi sangat canggih. Sehingga varian virus ini sangat banyak. Tak jarang virus flu bermutasi hingga menyebabkan penyakit flu yang gejalanya lebih parah. Salah satu contohnya adalah Flu Singapura atau kerap disebut Penyakit Tangan, Kaki dan Mulut (PKTM/ Foot And Mouth Disease).

Beberapa waktu lalu virus flu Singapura ini berhasil menebarkan rasa panik di kalangan orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Virus flu yang satu ini menyebar dengan cepat, hingga bisa dibilang membuat wabah. Padahal bila kita tahu apa itu foot and mouth disease, rasanya rasa panik itu bisa berkurang.

Mengenali gejalanya adalah tahap awal untuk mengetahui apa itu foot and mouth disease. Gejala awal Virus Singapura adalah demam tinggi. Nafsu makan anak pun akan menurun, karena rasa sakit pada tenggorokan. Kondisi ini makin diperburuk dengan munculnya banyak sariawan di rongga mulut dan lidah. Luka-luka seperti melepuh juga muncul di area telapak tangan dan kaki.

Virus ini bisa menular dengan cepat. Penularan antara lain terjadi lewat kontak langsung dengan percikan ludah, air seni dan cairan yang terdapat pada gelembung luka. Kontak tidak langsung dengan penderita flu singapura lewat handuk, peralatan makanan dan mainan juga bisa membuat anak tertular penyakit ini.

Untungnya penyakit flu ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam tujuh atau delapan hari. Bila gejala penyakit tidak terlalu parah, pasien tidak perlu dirawat di rumah sakit. Setelah tahu apa itu foot and mouth disease, kini orangtua tak perlu panik lagi.
Apa Itu Foot And Mouth Disease Apa Itu Foot And Mouth Disease Reviewed by Admin on 18.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.