Apa HIV Bisa Disembuhkan

Sejauh ini masih belum bisa dipastikan apa HIV bisa disembuhkan, meskipun berbagai hasil riset pada beberapa pasien menunjukkan harapan yang baik, namun belum bisa dikatakan bahwa obat HIV telah ditemukan. HIV adalah virus yang menyerang sistem imun tubuh penderitanya.  Virus ini banyak ditularkan lewat hubungan seksual, transfusi darah dan ibu yang menyusui.  Siapapun yang mendengar virus ini menganggapnya sebagai momok seolah hidup divonis mati karenanya.  Barulah belakangan  muncul secercah harapan baru bagi para penderita HIV AIDS.



Konon menurut kabar yang beredar seorang bayi pengidap HIV positif dinyatakan terbebas dari virus ini selama 15 bulan setelah terapi antiretroviral dihentikan.  Di Boston dua laki-laki pengidap HIV positif yang menjalani cangkok sumsum tulang demi mengobati kankernya, setelah diperiksa virus tersebut lenyap tidak terdeteksi pasca dihentikannya terapi antiretroviral.

Temuan-temuan ini merupakan berita yang sungguh memberikan harapan baru bagi para pengidap HIV meskipun belum bisa dikatakan bahwa para pengidap HIV tersebut sembuh total.  Temuan yang telah diungkapkan di sebuah forum di Malaysia ini merupakan titik terang bagi dunia pengobatan medis dan awal yang membahagiakan.

Antiretroviral adalah sejenis terapi pengobatan menggunakan terapi obat ARV yang diberikan pada para penderita HIV.  Apakah HIV dapat disembuhkan dengan obat antiretroviral ini, masih menjadi tanda tanya bagi para tenaga medis dan praktisi medis.  Obat yang mulai diperlenalkan pada tahun 1996 ini harus dikonsumsi oleh penderita HIV seumur hidupnya.

Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan oleh Asier Saez –Cirion seorang peneliti dari Unit penelitian regulasi infeksi retroviral yang berada di paris, menunjukkan bahwa sebanyak  70 orang yang diobservasi menunjukkan tanda-tanda sembuh secara fungsional setelah berhenti mengkonsumsi obat ARV tersebut.

Hampir sebagian besar pasien yang diobservasi mengalami peningkatan jumlah virus setelah pengobatan dihentikan, 14 orang diantaranya yang pernah mengkonsumsi ARV selama 3 tahun dan kemudian berhenti menunjukkan bahwa virus HIV tidak berkembang lagi.  Namun tidak hilang, hanya jumlahnya sangat kecil sehingga imun tubuh mampu melindungi diri dan pasien dapat bertahan hingga 7 tahun lamanya.  Artinya pasien tidak sembuh secara total.

Penelitian tersebut sementara dapat menjawab kebingungan tentang pertanyaan “apakah  HIV dapat disembuhkan?”

Apa HIV Bisa Disembuhkan Apa HIV Bisa Disembuhkan Reviewed by Admin on 18.07 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.