Plus Minus Menggunakan Frame Slider pada Motor Full Fairing


Frame slider adalah solusi dari salah satu penyebab kerusakan yang terjadi pada body kendaraan bermotor atau fairing yang diakibatkan oleh kecelakaan. Ketika mengalami kecelakaan, bagian depan khususnya seringkali mengalami kerusakan bahkan sampai hancur.



Biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki kerusakan fairing pada motor sport juga tidak bisa dikatakan murah. Hal ini dikarenakan perlu bengkel dan spare part khusus untuk memperbaikinya seperti semula.

Maka demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena perbaikan motor sport juga tidak dapat dikatakan ekonomis, sekarang tersedia aksesoris frame slider. Bagi kamu yang belum tahu, aksesoris ini adalah sebuah plat besi berbentuk silinder yang diletakkan dibagian depan motor disekitar rangka dan mesin. Kegunaannya adalah melindungi kerusakan fairing saat terjadi benturan.

Terkait penggunaan dari aksesoris ini ada yang mengatakan sangat baik namun ada juga yang memberikan pendapat bahwa aksesoris ini dapat merusak tampilan. Berikut merupakan poin-poin plus dan minus yang banyak didengar oleh banyak orang mengenai frame slider :

  1. Melindungi fairing motor dari kerusakan saat terjadi kecelakaan
Manfaat utama dari penambahan aksesoris ini adalah menghindari kerusakan fairing saat motor mengalami kecelakaan. Seperti yang kita tahu,  harga fairing motor tidaklah ekonomis. Sehingga frame slider berfungsi untuk mencegah atau paling tidak meminimalisir kehancuran saat motor terjatuh ke aspal.

  1. Melindungi bagian vital mesin motor
Selain melindungi kerangka, frame slider juga mencegah kerusakan yang lebih parah pada mesin motor ketika terjadi kecelakaan atau hanya motor yang terguling di tempat parkir.

  1. Meminimalisir cedera parah
Ketika terjadi kecelakaan, aksesoris ini melindungi kaki dari tergores secara langsung dengan aspal maupun mencegah motor menindih kaki sehingga membantu meminimalisir terjadinya cedera  yang parah. Selain itu, ketika terjadi kecelakaan, aksesoris ini akan membantu pengendara untuk bergeser ke tepi sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya tabrakan beruntun.

  1. Multifungsi
Peletakan aksesoris ini selain melindungi, juga terdapat fungsi-fungsi praktis lainnya sebagai tempat kaki saat pegal perjalanan jauh ataupun hanya sekadar meletakkan titipan.
Sedangkan untuk kelemahan aksesoris ini dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Bahan dari aksesoris ini haruslah kokoh karena harus menahan beban berat yang terjadi saat kecelakaan. Ketika bahannya tidak terlalu kuat makan yang terjadi adalah ketidaksanggupan aksesoris dalam menahan beban berat. Akibatnya bisa saja aksesoris ini hancur dan tidak melindungi fairing.
  2. Terdapat aksesoris ini pada motor mengakibatkan tampilannya menjadi kurang rapi dan elegan karena pemasangannya dapat keluar dari fairing dan menonjol keluar
  3. Pemasangan aksesoris ini dapat menyebabkan kerusakan pada rangka motor. Tujuan awal dari pemasangan aksesoris ini adalah untuk melindungi motor. Namun ketika terjadi kecelakaan, bisa saja mengalami pembekongan dan merusak rangka utama motor.
  4. Harga aksesoris ini tidak dapat dikatakan ekonomis. Aksesoris ini dibandrol resmi oleh Yamaha sekitar Rp 400.000,00 dan harga dapat mengalami perubahan.
  5. Membutuhkan tempat parkir yang luas
Ketika menggunakan aksesoris ini, terdapat tonjolan keluar dari fairing yang berarti membutuhkan lahan yang luas dan tidak dapat dipaksakan pada parkiran yang penuh sesak. Sehingga cenderung kesulitan untuk mencari tempat yang cocok sesuai dengan hati dan pikiran.

Demikian beberapa hal mengenai kelebihan dan kekurangan aksesoris frame slider. Kamu bisa mempertimbangakan apakah aksesoris ini harus dibeli atau tidak? Tetapi yang pasti tetaplah berhati-hati dan save ride.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!
Plus Minus Menggunakan Frame Slider pada Motor Full Fairing Plus Minus Menggunakan Frame Slider pada Motor Full Fairing Reviewed by Admin on 15.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.