Begini Langkah Mengurus STNK yang Hilang


Halo teman-teman semua, kali ini kami akan berbagi tentang pengalaman dalam cara mengurus stnk hilang, pengurusan ini kami lakukan di daerah Jawa Timur tepat nya di kantor Samsat Jakarta Timur yang berlokasi di jalan Panjaitan cipinang besar utara, Jatinegara. 

Sebelum mengurus stnk yang hilang ada kalian harus menyiap kan beberapa berkas yang diperlukan antara lain adalah KTP asli dan fotocopy, BPKB asli dan fotocopy, serta surat kehilangan dari kepolisian yang mana surat kehilangan ini diberikan oleh POLSEK saat kita melapor, harus dari POLSEK tidak boleh dari POSPOL maupun kantor lainnya.



Setelah kalian sampai di Samsat, kalian langsung aja ambil nomor antrian yang digunakan untuk cek fisik biaya yang dikeluarkan untuk cek fisik ini sukarela karena petugas cek fisik ini tidak meminta secara langsung, jadi klo mau bayar silakan klo tidak juga tidak mengapa. Klo kami kemaren sih gak bayar…heee.

Setelah antri kemudian serahkan cek fisik dan juga fotocopy KTP dan BPKB dibagian mutasi biasa nya berdampingan dengan loket cek fisik. Setalah itu kalian bawa tu berkas kalian ke gedung arsip ini untuk mengecek apakah motor kalian terdaftar di samsat atau tidak, kemudian kalian bawa berkas ke bagian loket Salinan pajak setelah itu pergi ke loket pendaftaran lalu ambil da nisi formulir nya.

Nah apabila semua sudah selesai kemudian bawa kembali berkas ke loket khusus disini kalian akan diminta untuk menyerahkan KTP dan juga BPKB asli, lalu kemudian bawa berkas itu ke bagian berita acara STNK hilang atau rusak, setelah itu bawa kembali berkas ke loket pendaftaran kemudian berkas kalian akan disimpan dan BPKB asli akan diberikan serta juga surat keterangan dalam proses. Biasa nya STNK bisa diambil ke esokan hari nya dengan membawa BPKB dengan bayar sebesar 100.000 untuk penerbitan STNK baru.

Saran kami usahakan kalian datang pada pagi hari kalua mau proses cepat dan tidak antri panjang, karena antri cek fisik biasa nya sudah mulai sebelum jam 8 pagi, lama proses keseluruhan biasa nya memakan waktu 2 jam tetapi apabilan kalian sudah tau proses nya biasa nya akan lebih cepat, dari semua proses itu tidak ada biaya sama sekali karena memang gak ada diminta biaya.
Sekian informasi kami bagi kalian yang ingin mengurus STNK yang hilang, semoga bisa membantu, oh ya jangan lupa ya buat kalian untuk membawa pulpen karena sangat diperlukan dalam proses pembuatan STNK baru tentu nya untuk tanda tangan.

Begini Langkah Mengurus STNK yang Hilang Begini Langkah Mengurus STNK yang Hilang Reviewed by Admin on 23.40 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.