Mengenal Ragam Jenis Tepung yang Umum Digunakan Sebagai Bahan Kue


Tepung pada dasarnya memang termasuk bahan kue paling utama yang harus disiapkan, karena sebagian besar diantara proporsi kue memang terbuat dari tepung, hanya saja memang berbeda jenis kue yang dibuat tentunya berbeda pula jenis yang digunakan. 

Sehingga tidak boleh asal memilihnya, kenali terlebih dahulu apa yang tertera di dalam resep sehingga nantinya tidak salah di dalam membeli, pastikan juga membuat dengan komposisi takaran yang pas. Misalkan takaran untuk ragi instan sebesar 0,25 kilogram maka harus membeli sesuai kebutuhan.



Di pasaran sendiri ada banyak sekali jenis tepung yang dijual, jangan sampai salah memilih, berikut ini diantaranya:

  1. Tepung terigu, bahan kue ini dibuat dari biji gandum yang diolah sehingga berbentuk halus, jenisnya ada 3 macam, yaitu tepung terigu protein rendah, protein sedang dan juga protein tinggi. Berbeda jenis makanan yang dibuat, maka penggunaan tepung terigu ini juga berbeda kadar proteinnya.
  2. Tepung beras, sedangkan untuk tepung beras ini diolah dari beras yang digiling, tepung beras pun juga dibagi atas beberapa jenis, seperti diantaranya adalah beras biasa dan juga beras ketan.
  3. Tepung maizena, tepung maizena berasal dari jagung yang digiling sehingga untuk warnanya sendiri memang agak kekuningan dan keruh, biasanya digunakan sebagai bahan tambah untuk pengental makanan, sup ataupun kue.
  4. Tepung sagu, tepung sagu memiliki warna yang agak keruh dan juga kesat, diproses dari pati pohon sagu dan sering kali dijadikan sebagai bahan makanan utama masyarakat di beberapa daerah.
  5. Tepung roti, bentuknya tidak halus, melainkan bertekstur dan memang tujuannya sendiri adalah digunakan untuk pelengkap gorengan, sehingga menghasilkan rasa yang lebih gurih dan crispy.
  6. Tepung hunkwe, hunkwe terbuat dari bahan dasar pati kacang hijau sehingga rasanya khas, warnanya putih dan agak mirip dengan tepung terigu.
  7. Tepung tapioka, tepioka berasal dari singkong yang dihaluskan dan diambil sarinya, kandungan proteinnya sendiri hampir tidak ada dan memang ketika diolah teksturnya akan lengket seperti tepung sagu.

Produk lainnya juga dijual dengan lengkap, jadi jangan sampai salah pilih harga coklat bubuk dan harga lainnya, cek harganya sekarang di Tokowahab.com.

Mengenal Ragam Jenis Tepung yang Umum Digunakan Sebagai Bahan Kue Mengenal Ragam Jenis Tepung yang Umum Digunakan Sebagai Bahan Kue Reviewed by Admin on 01.18 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.