Simbiosis Mutualisme Toko Online Dan Perusahaan Ekspedisi


Membuka toko online merupakan solusi untuk mendapatkan pemasukan tambahan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utama, karena sifatnya yang sangat flesibel terutama dalam operasional toko. Selain itu minimnya modal yang diperlukan dalam menekuni bisnis online memungkinkan semua kalangan dari beragam bentang usia untuk merintisnya. Promosinya pun tidak sulit karena cukup memanfaatkan sosial media yang memiliki jangkauan pemirsa luas, blog atau website, dan juga dapat bergabung dengan marketplace ternama yang ramai dikunjungi oleh calon konsumen dalam negeri maupun luar negeri. Namun, ada satu unsur penting yang tidak boleh terlewatkan dari bisnis toko online, yang mana dapat menghambat seluruh operasional bila tidak dilibatkan, yakni perusahaan ekspedisi yang menyediakan jasa pengiriman barang.


Korelasi Toko Online Dengan Perusahaan Ekspedisi

Dalam transaksi jual beli secara online, buyer dan seller tidak perlu bertemu muka untuk setiap prosesnya. Mulai dari pemilihan item, pembayaran, pengiriman, hingga penerimaan barang. Pada proses pengiriman itulah perusahaan pengiriman menjadi perantara yang mengantarkan barang pesanan dari penjual kepada pembeli. Untuk jasa ekspedisi sendiri, terbagi menjadi dua kategori :
  1. Jasa Ekspedisi dalam kota
Perusahaan penyedia jasa ekspedisi dahulu hanya fokus melayani pengiriman antar kota, provinsi, pulau, atau negara. Mereka belum melirik sektor dalam kota karena memiliki pendapat bahwa pengiriman dapat dilakukan langsung antar pembeli dan penjual. Padahal, sebuah kota atau kabupaten memiliki luas wilayah yang acap kali sulit terjangkau secara individu yang menghalangi pembeli dan penjual untuk dapat langsung bertemu, entah disebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung atau kesibukan masing-masing. Kendala ini kemudian disadari oleh warga lokal yang kreatif dan mulai menyediakan layanan kirim paket atau barang dalam kota. Pembeli maupun penjual dapat langsung menghubungi perusahaan ekspedisi lokal tersebut untuk menggunakan jasa mereka. Keberadaan perusahaan ini dalam kota juga sangat bermanfaat untuk pengiriman makanan yang tidak tahan lama di suhu ruang. Melihat peluang yang cukup menjanjikan dari sektor ini, barulah kemudian perusahaan jasa kirim paket mayor turut menyediakan layanan pengantaran dalam kota.

  1. Layanan pengiriman antar kota, provinsi, pulau, dan mancanegara
Satu dekade lalu, sektor bisnis ini belum banyak dilirik oleh para pebisnis, sebab belum banyak orang yang melakukan pengiriman barang ke luar daerah menggunakan ekspedisi kecuali jumlah itemnya cukup banyak, karena dapat memanfaatkan kargo bus, kereta api, pesawat terbang, maupun kapal. Ada minimal berat benda yang ditetapkan, sehingga jika kurang dari standar, maka pihak badan transportasi tersebut otomatis akan menolaknya. Jika mengirim paket satuan biasanya memanfaatkan jasa Pos Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara, tetapi kala itu barang yang dapat dikirim pun masih sangat terbatas. Namun, setelah bisnis jual beli online kian menjamur, perusahaan-perusahaan ekspedisi pun bermunculan di mana memungkinkan untuk mengirim paket satuan apa pun jenisnya selama bukan merupakan barang yang melanggar hukum, pun untuk barang volume besar dengan biaya terjangkau. Mereka bekerja sama dengan perusahaan transportasi untuk pengiriman paket antar provinsi, pulau, dan mancanegara. Sedangkan pengiriman dalam kota maupun antar kota yang masih berada dalam satu provinsi umumnya di-handle sendiri.

Tips Memilih Perusahaan Ekspedisi
Memilih perusahaan pengiriman barang tentunya tidak dapat sembarangan karena mereka akan menjadi ujung tombak yang menentukan sampai atau tidaknya item ke tangan pembeli berikut pula dengan kondisi kelayakannya. Pertama-tama, penjual harus mengetahui dahulu perusahaan ekspedisi mana saja yang ada di area domisilinya berikut pula dengan daftar tarif pengiriman. Penjual memiliki hak untuk memilih perusahaan mana yang akan digunakan, tidak harus menyediakan semua sebagai opsi. Dapat memilih yang menawarkan tarif ongkos kirim paling murah atau yang memiliki akurasi dan kecepatan pengiriman terbaik. Hal tersebut berlaku pula jika penjual bergabung dengan e-commerce atau marketplace Indonesia karena tidak ada kewajiban untuk menyediakan opsi semua perusahaan ekspedisi. Hal ini perlu dipertimbangkan secara masak agar barang dapat sampai di tangan konsumen tepat waktu dan dalam kondisi baik.

Kedua, setelah memutuskan pihak ekspedisi yang akan digunakan atau perusahaan-perusahaan mana saja yang akan dijadikan opsi, guna memudahkan, sebaiknya penjual menjalin kerja sama resmi. Caranya adalah dengan menghubungi kantor cabang utama di wilayah tersebut dan menyampaikan niat untuk menggunakan ekspedisi bersangkutan sebagai layanan kirim barang dari toko online yang dimiliki. Mereka umumnya akan menyambut baik dan akan memberikan kontrak kerja sama untuk ditandatangani. Dengan kontrak tersebut, pemilik bisnis online biasanya mendapatkan kemudahan pick up atau jemput paket di rumah oleh kurir dari perusahaan ekspedisi terkait. Layanan tersebut tentu sangat membantu karena penjual menjadi tidak harus mendatangi kantor ekspedisi setiap hari untuk mengantarkan paket yang akan dikirim kepada pembeli. Cukup dengan mengirim pesan singkat atau menelepon saja, kurir akan langsung datang ke rumah untuk menjemput paket.

Tips Mengirimkan Barang Melalui Perusahaan Ekspedisi

Meskipun telah menjalin kerja sama resmi, sebaiknya pemilik toko online tidak menjadi lalai dan asal saja dalam mengirimkan produk pesanan pembeli. Sebab, penjual pun tetap harus melakukan tindakan pengamanan ekstra untuk menghindari oknum-oknum nakal dari perusahaan ekspedisi yang kerap kali melakukan kecurangan. Tindakan preventif atau pencegahan yang utama adalah dengan memastikan paket terbungkus dengan sangat rapat sehingga tidak memungkinkan untuk oknum tertentu melakukan suatu tindakan terhadap isi paket karena akan langsung terdeteksi secara otomatis. Contohnya dengan memutari setiap sudut paket dengan menggunakan lakban. Jika ada yang berusaha untuk membuka paket tersebut tanpa izin, kaitan lakban akan rusak dan meskipun berusaha direkatkan kembali akan tetap meninggalkan bekas pernah dibuka. Hal ini akan membuat siapa pun berpikir ulang untuk mencurangi paket dalam proses pengiriman.

Selanjutnya, pastikan pula kurir menjemput paket tepat waktu agar jadwal pengiriman tidak molor yang dapat mengecewakan konsumen. Ada kurir yang langsung memberikan resi pengiriman, namun ada pula yang baru akan memberikannya keesokan hari. Bagaimanapun, penting untuk selalu menagih resi tersebut. Selain untuk diinformasikan kepada pembeli, penjual pun dapat turut serta mengecek proses pengiriman barang sekaligus berjaga-jaga apabila terjadi komplain dari pembeli bila produk yang diterima telah dicurangi atau mengalami kerusakan selama pengantaran. Resi tersebut akan membantu penjual dan pembeli untuk melakukan klaim kepada perusahaan ekspedisi yang memiliki kewajiban untuk bertanggung jawab melakukan ganti rugi sesuai dengan nominal barang tersebut atau bahkan beberapa kali lipat jika memang kesalahan berasal dari pihak perusahaan jasa pengiriman. Guna menghindari penolakan klaim, penjual juga harus menuliskan jenis item yang dikirim dengan benar dan tidak melakukan pemalsuan hanya untuk menghindari kewajiban membayar asuransi tambahan atau semacamnya yang secara otomatis menjadikan garansi ekspedisi invalid alias tidak berlaku.

Simbiosis Mutualisme Toko Online Dan Perusahaan Ekspedisi Simbiosis Mutualisme Toko Online Dan Perusahaan Ekspedisi Reviewed by Admin on 05.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.