Pinjam Uang untuk Renovasi Rumah

Siapa yang betah untuk tinggal di rumah yang sudah waktunya direnovasi? Tentu semua menginginkan untuk merasa nyaman ketika tinggal di rumahnya sendiri. Saat ini tidak punya biaya bukanlah alasan yang pas untuk menunda niat renovasi rumah. Apalagi jika kondisi rumah Anda memang sudah memerlukan renovasi karena rusak di berbagai rumah. Salah satu cara adalah dengan mencari pinjaman cepat cair.



Sumber dana untuk renovasi rumah ketika budget terbatas telah banyak bermunculan. Contohnya bank. Bank saat ini tidak hanya digunakan untuk menabung atau investasi saja tetapi juga menyediakan dana pinjaman.

Nah, dana pinjaman dari bank dapat Anda manfaatkan untuk menutup biaya renovasi yang ada. Dengan begitu, artinya Anda memiliki hutang kepada bank. Tetapi tidak usah sedih ketika mendengar kata hutang, karena terkadang Anda perlu berhutang untuk kebutuhan yang mendesak, apalagi ini mengenai tempat hunian.

Kira–kira apa saja sumber dana untuk dapat merenovasi rumah? Berikut daftarnya :

Dana Tabungan + KTA
Jika Anda sudah mempunyai tabungan di bank, tidak perlu mengambil semuanya sebagai sumber dana renovasi rumah. Anda bisaa mengambil secukupnya dan gabungkan dengan kredit tanpa agunan (KTA). KTA sendiri adalah layanan dari bank bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu cepat namun dengan limit terbatas, bunga juga lebih tinggi dari kredit dengan agunan.
Ambilah KTA secukupnya saja untuk menutup biaya renovasi yang dibutuhkan. Namun karena bunga yang diberikan cukup tinggi dan periode pembayaran juga pendek, jadi harus dihitung bagaimana kemampuan Anda untuk mencicil. Jangan sampai ketika renovasi rumah belum berakhir, tetapi angsuran KTA Anda sudah menunggak banyak.

KPR Refinancing
Jika rumah yang Anda tinggali sudah tidak dalam proses kredit pemilikan rumah (KPR), bisa menggunakan layanan KPR refinancing dari bank. Melalui layanan ini, Anda seperti membeli rumah dengan cara KPR, dengan menjaminkan sertifikat rumah kepada bank.
Bank akan memberikan pinjaman kepada Anda sekitar 80 persen dari harga taksiran rumah yang Anda jaminkan. Contohnya bank menaksir harga rumah sekitar 500 juta, maka kredit yang cair adalah 400 juta. Tetapi memang proses dari KPR refinancing ini lebih lama jika dibandingkan dengan KTA.

Tidak hanya itu saja, ada pula biaya tambahan misalnya provisi, administrasi, dan notaris. Jika membutuhkan dana yang besar untuk merenovasi, maka cara tersebut mungkin bisa digunakan.
Cara ini hampir sama dengan kredit multiguna, tetapi yang dipakai untuk agunan hanya rumah saja. Jika kredit multiguna, aset lain bisa digunakan, misalnya sepeda motor. Bank yang mempunyai layanan KPR refinancing diantaranya adalah CIMB Niaga melalui KPR CIMB Niaga X-Tra cash.

Kredit BPJS
Selanjutnya, Anda juga bisa memanfaatkan pinjaman dari BPJS Ketenagakerjaan. Syaratnya yaitu Anda sudah wajib terdaftar sebagai peserta dari BPJS Ketenagakerjaan minimal 5 tahun. Dalam program ini, BPJS berkerjasama dengan BTN. Dana maksimal yang dikeluarkan yaitu 35 juta. Tetapi, kita wajib menjaminkan sertifikat rumah untuk memperoleh kredit ini.

Kredit Renovasi Rumah
Ada pula bank yang memiliki layanan kredit untuk renovasi rumah dan bekerja sama dengan perusahaan semen. Melalui layanan ini, Anda bisa mendapatkan saran dari perusahaan semen yang ada tentang bagaimana untuk merenovasi rumah dengan lebih efisien dan efektif. Contoh bank yang memiliki fasilitas ini adalah BNI dengan produknya BNI Griya dan juga melayani KPR Refinancing serta take over.

Ada banyak layanan pinjaman uang yang bisa Anda pilih untuk merenovasi rumah, tidak perlu bingung dan khawatir tidak memiliki dana karena layanan–layanan diatas siap untuk meminjamkannya.
Pinjam Uang untuk Renovasi Rumah Pinjam Uang untuk Renovasi Rumah Reviewed by Admin on 14.44 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.