Kolesterol Tinggi? Hindari Konsumsi Makanan Ini

Kadar kolesterol tinggi dipicu dari konsumsi makanan tinggi lemak. Bagi penderita kolesterol, hindari konsumsi 5 makanan ini.



Tingginya kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh bisa berubah jadi endapan lemak yang mengganggu aliran darah serta meningkatkan risiko penyakit jantung. Para pakar kesehatan merekomendasikan asupan tak lebih dari 300 gram kolesterol tiap hari.

NDTV (2/11) mengungkap makanan yang bisa menaikkan kadar kolesterol. Kerang dan es krim termasuk diantaranya.

1. Kerang

Kerang mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi, belum lagi kalau diolah dengan butter yang membuat kandungan kolesterolnya makin tinggi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, Anda harus menghindari makan kerang. Begitu juga dengan lobster dan udang.

2. Daging merah

Daging merah tinggi kandugan lemak jenuh yang meningkatkan total kolesterol dalam tubuh. Jika Anda penggemar daging, pilihlah daging tanpa kulit seperti ayam atau potongan dada kalkun. Pilihan lainnya berupa daging ikan.

Jika Anda membeli daging beku, pilihlah yang bebas lemak. Karena mengonsumsi daging olahan mengandung tinggi natrium dan bisa meningkatkan kadar kolesterol Anda.

3. Mentega dan ghee


Konsumsi mentega dan ghee baik untuk tubuh jika jumlahya cukup. Terlalu banyak konsumsi mentega dan ghee akan meningkatkan kadar kolesterol karena kandungan lemak jenuhnya. Begitu juga dengan mentega olahan yang mengandung lemak trans dan banyak sodium. Keduanya bisa memicu kenaikan tekanan darah dan kadar kolesterol.

4. Minyak kelapa dan krim kelapa

Walaupun minyak kelapa dianggap sehat, namun minyak kelapa juga mengandung lemak jenuh dalam bentuk asam laurat yang mungkin menambahkan kadar kolesterol Anda. Jadi sebaiknya batasi konsumsi minyak kelapa.

Usahakan mengonsumsi tak lebih dari 24 gram lemak jenuh per hari. Anda juga harus menghindari minyak masak olahan seperti minyak canola atau minyak jagung yang mungkin mengandung lemak trans.

5. Es Krim

Bagi penderita kolesterol, es krim bukanlah dessert yang tepat. Biasanya es krim dibuat dengan susu penuh lemak dan krim. Dalam beberapa kasus, produsen es krim mengganti produk susunya dengan minyak sayur hidrogenasi berkuaitas rendah. Jenis minyak ini bisa tingkatkan kadar kolesterol.
Kolesterol Tinggi? Hindari Konsumsi Makanan Ini Kolesterol Tinggi? Hindari Konsumsi Makanan Ini Reviewed by Admin on 19.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.